Aesthetics - A Reader in Philosophy of the Arts
30. Arsitektur sebagai Tempat Berlindung yang Dihiasi
Robert Venturi dan
Denise Scott Brown
Dikutip dari A
View from the
Campidoglio, oleh Robert
Venturi dan Denise
Scott Brown: P.
Arnell, T. Bickford,
dan C. Bergart,
eds., Harper and
Row (1984), hlm.
62–67, dengan izin
Robert Venturi.
Salah satu cara untuk berbicara tentang arsitektur dan menganalisis di mana Anda berada di dalamnya adalah dengan mendefinisikannya. Setiap arsitek bekerja dengan sebuah definisi dalam pikirannya bahkan jika dia tidak mengetahuinya, atau jika tidak eksplisit; setiap generasi arsitek memiliki definisinya masing-masing. Definisi kami saat ini adalah, arsitektur adalah tempat berteduh dengan simbol-simbol di atasnya. Atau, arsitektur adalah tempat berteduh dengan hiasan di atasnya. Bagi banyak arsitek, ini mungkin definisi yang mengejutkan karena definisi dalam tujuh puluh lima tahun terakhir telah dimasukkan ke dalam istilah spasial, teknologi, organik, atau linguistik. Definisi Arsitektur modern tidak pernah memasukkan ornamen, juga tidak secara eksplisit merujuk pada tempat berteduh. Ruang dan proses adalah kualitas esensial arsitektur dalam definisi Louis Kahn, "arsitektur adalah pembuatan ruang yang bijaksana," dan dalam frasa deskriptif seperti "ruang-waktu dan arsitektur" Sigfried Giedion, dan "dalam sifat material" Frank Lloyd Wright ; ruang dan bentuk didominasi dalam "arsitektur Le Corbusier adalah permainan massa yang hebat, benar, dan luar biasa yang disatukan dalam cahaya." Dalam definisinya tentang rumah sebagai mesin tempat tinggal, teknologi dan fungsionalisme adalah elemen penting, meskipun implikasi fungsionalisme dalam pernyataan terkenal ini hampir unik dalam arsitektur Modern meskipun penekanan pada fungsionalisme dalam teori Dan baru-baru ini beberapa ahli teori telah mencoba interpretasi semiotik arsitektur, menerapkan dalam istilah yang sangat literal beberapa teknik kompleks dari disiplin verbal untuk persepsi arsitektur. Tetapi ornamen dan simbolisme— tentu saja ornamen yang diterapkan dan penggunaan asosiasi yang sederhana —telah diabaikan dalam arsitektur, atau dikutuk. Ornamen disamakan dengan kejahatan oleh Adolf Loos sejak tahun 1906, dan simbolisme diasosiasikan dengan eklektisisme sejarah yang didiskreditkan; applique pada shelter akan dianggap dangkal oleh ahli teori gerakan Modern dan bertentangan dengan teknik industri yang tidak terpisahkan dengan arsitektur Modern. Tapi kami suka menekankan tempat berlindung dalam arsitektur, dengan demikian memasukkan fungsi dalam definisi kami; dan kami suka mengakui retorika simbolis dalam definisi kami yang tidak integral dengan tempat tinggal, sehingga memperluas konten arsitektur di luar dirinya dan membebaskan fungsi untuk mengurus dirinya sendiri. Untuk membenarkan definisi kita tentang arsitektur dan untuk memperjelas bagaimana kita sampai ke sana, saya akan menggunakan [empat] perbandingan—antara Roma dan Las Vegas, Ekspresionisme Abstrak dan Seni Pop, … Mies van der Rohe dan stan hamburger McDonald, … gaya arsitektur yang mewah. Dalam tiga perbandingan terakhir saya akan mencoba untuk membenarkan konten tertentu untuk simbolisme dalam arsitektur, yang biasa. Untuk argumen saya, saya akan menggunakan bahan dari buku kami, Belajar dari Las Vegas, karena di sini saya menguraikan tema utama dalam buku itu, dan karena saya pikir hampir tidak ada orang yang pernah membaca buku itu atau membaca buku secara umum lagi.
Roma dan
Las Vegas
Sebagai arsitek, kami menghargai Roma dan Las Vegas dan kami telah belajar dari kedua sumber tersebut. (Saya menggunakan Roma untuk mewakili tradisi urban—Medieval dan Baroque—dan Las Vegas untuk mewakili urban sprawl secara umum.) Ini adalah perbandingan antara piazza Romawi dan Vegas Strip—menggambarkan kesamaan yang mengejutkan serta kontras yang jelas—bahwa kita belajar tentang simbolisme dalam arsitektur. Generasi kita menemukan Roma di tahun lima puluhan. Ruang eksterior yang tertutup dan skala perkotaan yang intim adalah wahyu yang menarik bagi kita yang tumbuh di sepanjang jalan-jalan yang lebar dan tidak jelas dan tempat parkir yang luas di kota-kota Amerika yang amorf (meskipun belum bermusuhan). Sebagai Modern pasca-pahlawan membaca Sigfried Giedion, kami menemukan kembali sejarah dan mengakui dasar tradisional untuk arsitektur dan urbanisme. Kami memiliki simpati khusus untuk hubungan spasial, skala pejalan kaki, dan kualitas perkotaan kota-kota Italia yang dicontohkan di piazza. Kita sekarang menderita akibat dari antusiasme itu—saksikan piazza pembaruan perkotaan berikutnya yang mengganggu tatanan sosial dan mengeringkan vitalitas komersial dan visual dari pusat kota-kota Amerika. Ini karena, sebagai arsitek tahun lima puluhan, kami melihat piazza sebagai ruang murni dan kami merancang piazza kami sebagai konfigurasi kering dari elemen komposisi—bentuk dan tekstur, pola dan warna, ritme, aksen, dan skala—seimbang entah bagaimana untuk mempromosikan urbanitas di ruang angkasa. Kompleks perkotaan bersejarah yang kami lihat sebagai komposisi abstrak seperti lukisan Abstrak Ekspresionis pada dekade itu: simbolisme bangunan di piazza yang hampir tidak kami lihat sama sekali. Kami menghargai penjajaran evolusi yang kaya dari gaya-gaya sejarah—misalnya palazzo Barok yang menghadap duomo Romawi—tetapi kami membatasi pengamatan kami pada hubungan formal gaya-gaya ini.
Kami mengabaikan isi simbolis bangunan karena obsesi kami dengan komposisi ruang. Kita lupa bahwa bentuk adalah bangunan, tekstur adalah relief pahatan, aksen adalah patung (dan patung mewakili seseorang dan cita-cita), artikulasi adalah portal atau dekorasi, ritme terdiri dari pilaster, warna dan pola adalah fungsi dinding, dan bahwa fokusnya adalah obelisk—tanda peringatan suatu peristiwa penting. Kami menghapus asosiasi eksplisit yang ditimbulkan oleh sebagian besar elemen arsitektur dan pahatan piazza; ornamen pada fasad palazzo yang melambangkan konten arsitektural dan struktural dan mempromosikan kebajikan dinasti dan nilai-nilai sipil, dan katedral, yang seperti papan reklame kompleks dengan relung untuk ikon suci.
Kami mengabaikan ikonografi
dalam arsitektur ketika
kami menekankan kualitas
fungsional dan struktural
bangunan di piazza
dan mengidolakan efek
spasialnya, tetapi melupakan
dimensi simbolisnya. Kami
belajar pelajaran inspiratif
tentang ruang di
Roma, tetapi urbanitas
yang kami cari
akan datang dari
ruang dan tanda.
Kami harus pergi
ke Las Vegas
untuk mempelajari pelajaran
tentang Roma ini
dan untuk mengakui
simbolisme dalam definisi
arsitektur kami.
Di sisi lain,
kami dapat bersikap
mudah dan tanggap
tentang Las Vegas
di tahun enam
puluhan karena kami
mencintai Roma di
tahun lima puluhan.
Kami memiliki perasaan
wahyu yang menggembirakan di
Las Vegas pada
tahun enam puluhan,
seperti yang kami
alami di Roma
pada dekade sebelumnya.
Reaksi pertama kami
adalah bahwa Strip memiliki kualitas
dan vitalitas—makna penting—yang
tidak dimiliki oleh
lanskap perkotaan berdesain
modern, dan ironisnya,
di mana arsitektur
Modern telah menang
dengan membawa kembali
urbanitas ke kota-kota
kita, ternyata tidak. Ketika
kami menganalisis reaksi
bahagia kami dan
kualitas aneh serta
daya rekat yang
ada dalam urban
sprawl komersial, kami
menemukan bahwa dasar
mereka adalah simbolisme.
Seperti yang telah
kami pelajari dari
ruang Roma, kami
belajar dari simbolisme
Las Vegas. Kami
segera mengetahui bahwa
jika Anda mengabaikan
tanda-tanda sebagai "polusi
visual", Anda tersesat.
Jika Anda mencari
"ruang antar bangunan" di
Las Vegas, Anda
tersesat. Jika Anda
melihat bangunan urban
sprawl sebagai bentuk
yang membuat ruang,
mereka menyedihkan hanya jerawat
di lanskap amorf.
Sebagai arsitektur, urban
sprawl adalah sebuah
kegagalan; sebagai ruang,
itu adalah
tidak
ada. Ketika Anda
melihat bangunan sebagai
simbol dalam ruang,
bukan bentuk dalam
ruang, lanskap mengambil
kualitas dan makna.
Dan ketika Anda
tidak melihat bangunan
sama sekali, pada
malam hari ketika
hampir hanya tandatanda
yang diterangi yang
terlihat, Anda melihat
Jalur dalam keadaan
murni. Ini bukan
untuk mengatakan bahwa
arsitektur yang saya
gambarkan tanpa konten
formal, tetapi untuk
menekankan dominasi tanda-tanda
di atas bangunan
di Jalur dan
simbolisme di atas
bentuk di bangunan
di Jalur sebagai
fungsi dari ruang
luas yang mereka
lihat dan kecepatan
cepat mereka terlihat
di. Kami menyebutkan,
di Belajar dari
Las Vegas, penggunaan
media campuran dalam
arsitektur, termasuk jenis
arsitektur representasional yang
berani, untuk menciptakan
dampak dan identitas—bahkan, untuk
dirasakan sama sekali—dari
jalan raya dan di atas
tempat parkir, siang
dan malam. Dalam
lanskap zaman otomatis,
sebuah gambar bernilai
seribu bentuk. Dalam
buku itu kami
berkonsentrasi pada teknik
daripada konten arsitektur
vernakular komersial untuk
membantu kami belajar
bagaimana merancang arsitektur
kami sendiri. Dalam belajar dari
Las Vegas dengan
cara ini, kami
tidak mempromosikan korporatisme
raksasa yang manipulatif
atau bahkan menyetujuinya, seperti
yang diinginkan oleh
banyak kritikus kami—biasanya
arsitek kiri politik
di Eropa dan
mereka yang memiliki
hak estetis di
Amerika Serikat, lebih
dari kakek-kakek arsitektur
modern kita mempromosikan
kapitalisme pasar bebas
yang eksploitatif dalam
belajar dari bahasa
sehari-hari industri mereka,
atau daripada kritikus
yang sama, jika
menganalisis Versailles atau
il Ges, akan
menganjurkan kembalinya absolutisme
atau KontraReformasi. Teknik
pemisahan dari konten
adalah metode analisis
dan kritik tradisional
dan masih berguna
terhadap seni lama
atau baru, desain
tinggi atau rendah.
Isi simbolisme sprawl
komersial berbeda dari
kota tradisional, tetapi
pesan komersial Strip,
meskipun lebih berani
untuk menyesuaikan dengan
kepekaan kita yang
lebih kasar dan
tempo yang lebih
kasar di zaman
kita, hampir tidak
lebih bersifat promosi
daripada pesan-pesan di
kota. istana dan
katedral di piazza
yang mempromosikan cita-cita
dan kekuasaan sipil
dan agama, ketika
Anda memahami ikonografi
bentuk-bentuk ini. Seni
populer Strip juga
tidak selalu lebih
promosi daripada desain
tinggi "permainan massa
yang hebat, benar,
dan megah" dari
kantor pusat perusahaan,
sekarang setelah bisnis
besar telah mengambil
alih simbolisme "progresif" dari
arsitektur Modern ortodoks.
Kami sendiri sering
merasa kurang nyaman
dengan iklan komersial
kasar di pinggir
jalan daripada yang
kami rasakan dengan
beberapa bujukan halus
dan selera yang
melekat dalam simbolisme
formalis modern yang
meliputi arsitektur perusahaan,
termasuk kompleks industri-militer. Kami
berpikir bahwa sumber
dari banyak masalah
visual lingkungan komersial
pinggir jalan lebih
bersifat ekonomi, sosial,
dan budaya daripada
estetika—berasal dari status
ekonomi yang rendah
dari beberapa komunitas
pinggir jalan, dari
kebiasaan buruk orang
Amerika yang cenderung
membuang sampah sembarangan
dan “kemelaratan publik”,
dan dari budaya
selera yang beragam
dari masyarakat yang
multietnis dan heterogen.
Ekspresionisme Abstrak dan
Seni Pop
Pop Art di tahun enam puluhan mengubah kepekaan kita terhadap Strip komersial sebagai lukisan dekade sebelum menegaskan interpretasi kita tentang piazza. Saya telah menjelaskan bagaimana kita melihat piazza pada dekade itu dengan cara yang sama seperti kita melihat lukisan Abstrak Ekspresionis, dan bagaimana hal ini membatasi visi kita tentang lanskap perkotaan. Seniman Pop membuka mata dan pikiran kita dengan menunjukkan kembali nilai representasi dalam lukisan, dan dengan demikian membawa kita ke asosiasi sebagai elemen arsitektur. Mereka juga menunjukkan kepada kita nilai unsur-unsur yang sudah dikenal dan konvensional dengan menyandingkannya dalam konteks baru dalam skala yang berbeda untuk mencapai yang baru.
Makna yang dirasakan bersama dengan makna lama mereka. Definisi arsitektur sekarang termasuk makna melalui asosiasi serta ekspresi — istilah tahun lima puluhan — melalui persepsi. Dan para seniman ini, kami sadari kemudian, memiliki pandangan yang ironis dalam hubungan cinta-benci mereka dengan subjek komersial vulgar mereka, sejajar dengan arsitektur komersial biasa kami; mereka membuat melihat Las Vegas lebih mudah, sementara masih sedikit gelisah. Dan sekarang para fotorealis tahun tujuh puluhan, yang subjeknya adalah lanskap perkotaan, melukis Las Vegas, meningkatkan yang biasa dan mempercantik yang spektakuler. …
Mies van
der Rohe dan
Stand Hamburger McDonald's
Perbandingan [kami], antara Mies van der Rohe dan gerai hamburger McDonald's, adalah untuk membenarkan jenis simbolisme tertentu dalam arsitektur. Kami mengacu pada karya Mies di sini sebagai perwakilan yang terbaik dalam arsitektur Modern dan untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa arsitektur Modern pergi ke vernakular industri untuk inspirasi bentuk-bentuknya. Karya Mies, setelah dia datang ke Amerika Serikat, merupakan adaptasi yang lebih literal dari vernakular industri daripada Gropius atau Le Corbusier. Perintahnya yang hampir Klasik, yang berasal dari balok-I baja yang terbuka dari jenis pabrik Amerika tertentu, diterapkan, seperti yang sudah diketahui, dengan lekukan yang berseni, hampir seperti pilaster, untuk melambangkan proses industri dan ketertiban murni namun tetap sesuai dengan yang dapat diterima. standar proteksi kebakaran untuk bangunan nonindustri. "Pabrik" Mies adalah seni vernakular yang ditingkatkan sebagai seni rupa; McDonald's on the strip adalah seni rakyat yang berasal dari seni rupa. Sejarah seni mengungkapkan banyak evolusi antara seni rendah dan seni tinggi, bolak-balik: Tema gerakan ketiga dalam bentuk sonata adalah lagu-lagu rakyat scherzo, madonna plastik adalah kelangsungan hidup Baroque. Lengkungan parabola dari paviliun McD plastik kuning yang menyala—menghasilkan gambar yang berani dan indah, gestalt yang efektif dari konteks mobil yang melaju di jalur, tetapi dalam pikiran mereka melambangkan teknik canggih dan makanan enak. Saya mengacu pada versi klasik paviliun dengan lengkungan "struktural", daripada versi berselera tinggi dengan atap mansard, saat ini di era kecantikan pinggir jalan kita. Tetapi evolusi ikonografi dari lengkungan McDonald's rumit. Dalam versi aslinya mungkin berasal dari proyek Le Corbusier, pada tahun dua puluhan, untuk Istana Soviet, di mana lengkungan, berbeda dengan McDonald's, sebenarnya menopang atap dengan kabel, dan dari lengkungan St. Louis Eero Saarinen , itu sendiri merupakan simbol untuk "pintu gerbang ke Barat." Manifestasi asli dari lengkungan parabola adalah hanggar Eugène Freyssinet di Orly—solusi teknik yang hampir murni untuk menjangkau jarak yang sangat jauh pada ketinggian yang sangat tinggi untuk menampung balon-balon besar yang ekonomis—yang bentuknya sangat mengesankan para arsitek Modern. Manifestasi terakhir dari lengkungan parabola dalam evolusi antara seni tinggi dan seni rendah, bentuk dan simbol, dan di antara teknik, arsitektur, dan patung, adalah tanda komersial — reinkarnasi dari dua lengkungan parabola sebagai kembar siam dan huruf alfabet —The Big M. Mengatakan bahwa sebuah pabrik itu indah sangat mengejutkan lima puluh tahun yang lalu. Sejak itu lukisan-lukisan [Charles] Sheeler dan [Fernand] Léger, sampul majalah Fortune, seluruh perbendaharaan dan sastra arsitektur dan pahatan Modern telah membuat bentuk-bentuk industri mudah disukai. Tetapi nilai kejutan dari wahyu ini sangat penting pada saat itu. Sejarah seni mengandung banyak contoh perlakuan kejut sebagai bantuan untuk memahami seni. pater le borjuis adalah tema konstan dalam pemikiran, teori, dan praktik pelukis modern abad kesembilan belas. Pengenalan ordo Klasik pagan di Florence abad kelima belas pasti berdampak pada kritikus Abad Pertengahan akhir yang serupa dengan kemarahan yang timbul di antara para kritikus ortodoks kita oleh "materialisme kasar dari masyarakat massa kita" diwakili dalam arsitektur vernakular komersial yang kita lihat sekarang. Kemarahan semacam ini tidak berlaku untuk praktik perburuhan eksploitatif yang terkait dengan bagian depan besi cor yang indah dari gedung-gedung loteng kapitalis awal atau pada kenyataan pahit di balik bentuk dan simbol kerajinan dari desa-desa primitif yang begitu dikagumi oleh para kritikus yang sama saat ini. Dan kaum Modern zaman akhir ini gagal melihat kesejajaran ironis antara kemarahan mereka terhadap bahasa komersial dan para pendahulunya Beaux Arts atas bahasa industri sebagai sumber seni rupa lima puluh tahun yang lalu. Ada nilai kejutan dalam penemuan Romantis tentang lanskap alam — bunga bakung di ladang sebagai subjek yang cocok untuk puisi, dan arsitektur petani — di Hameau off the allée di Versailles, seperti halnya dalam transposisi pidato umum dalam prosa dan
puisi James
Joyce dan TS
Eliot.
Kembali ke yang biasa, melihat lagi yang sudah ada, menyempurnakan yang konvensional, adalah cara lama membuat seni baru. Perbandingan kedua saya menggambarkan kedekatan arsitektur Modern akhir dengan Ekspresionisme Abstrak tahun lima puluhan. Perbandingan keempat ini berhubungan dengan tahun 1850-an yang merupakan masa kejayaan Revolusi Industri. Meskipun kita mengacu pada Estetika Mesin tahun 20-an, kita cenderung melupakan betapa banyak simbolisme arsitektur Modern yang didasarkan pada bentuk-bentuk industri, jika bukan proses industri, dan betapa sangat usangnya dasar ini. Semua orang tahu bahwa Revolusi Industri sudah mati. Mengapa para arsitek tidak? Bukankah sudah waktunya bagi para arsitek untuk terhubung dengan suatu revolusi baru, mungkin revolusi elektronik? Jalur komersial yang ada dengan lampu dan tanda bergerak yang melibatkan representasi dan simbolisme dan makna, dan elemen yang berjauhan di ruang untuk mengakomodasi mobil yang bergerak dan diparkir, sama relevannya dengan kita sekarang seperti halnya pabrik dengan proses industri dan program fungsionalnya beberapa generasi yang lalu. Tentu saja kesimpulan ini dibuat dengan melihat ke belakang; sebagai seniman kami menemukan kami menyukai Strip sebelum kami menganalisis mengapa itu tampak benar. …
Arsitektur Polos
dan Mewah
Karena ada ruang untuk desain tinggi dan seni populer dalam arsitektur komunitas kita, ada kebutuhan akan gaya arsitektur yang sederhana dan mewah. Strip, misalnya, adalah tempat tidak hanya untuk simbol-simbol spektakuler, tetapi juga untuk simbol-simbol konvensional. Sebagian besar kompleks arsitektur mencakup hierarki simbolisme arsitektur. Mereka termasuk elemen orisinal dan khusus serta elemen konvensional dan biasa—yang kita sebut gaya polos dan mewah—yang diterapkan dengan rasa kepatutan. Palazzo di kota Italia terletak di antara contorninya—nama untuk sayuran yang ditata dengan indah di sekitar daging di piring saji pada makanan penting serta untuk arsitektur polos di kaki arsitektur mewah. Saya tidak menganjurkan hirarki berdasarkan sistem kasta sosial, tetapi saya mengatakan bahwa sekolah seni, misalnya, bukanlah katedral, dan sebagian besar arsitektur dalam konteks normal harus polos. Sebagian besar arsitek Modern cenderung kehilangan rasa kepatutan dalam piazza pembaruan perkotaan mereka dan di kampus-kampus dan kota-kota yang sering bersuara lantang di mana arsitektur Modern mendominasi. Ini adalah permohonan untuk simbolisme biasa dalam ornamen yang diterapkan pada tempat tinggal. Kami telah menulis, dalam Belajar dari Las Vegas, tentang kecenderungan kami sebagai arsitek untuk arsitektur sederhana yang pada awalnya didasarkan pada kebutuhan, pada pengalaman kami sebagai perusahaan kecil dengan pekerjaan kecil dan anggaran terbatas, kemudian pada intuisi bahwa situasi kami memiliki makna umum, dan akhirnya dengan keyakinan bahwa era kita bukanlah era untuk pernyataan-pernyataan arsitektur yang heroik atau murni. Retorika untuk lanskap kita, bila sesuai, akan datang dari media yang kurang formal dan lebih simbolis daripada arsitektur murni—mungkin dari kombinasi tanda dan patung serta lampu bergerak yang menghiasi dan mewakili. Sumber untuk arsitektur mewah kami ada di konvensi jalur komersial. Prototipenya bukanlah monumen Barok spasial, tetapi basilika Kristen Awal, lumbung polos yang diselimuti lukisan dinding, gudang yang didekorasi dengan sangat baik. Era kita juga bukan era bangunan: Anggaran nasional kita tidak mendukung kejayaan arsitektur Parthenon atau Chartres, hati kolektif kita tidak dalam arsitektur, nilai-nilai kolektif kita mengarahkan kita ke jalan lain, kadang-kadang sosial, seringkali militer, dan teknologi serta sistem kerja kita mempromosikan standar sistem konstruksi konvensional. Inilah alasan kami untuk mengadvokasi dan mencoba merancang shelter dengan dekorasi di atasnya: shelter sebagai manifestasi dari bangunan sistem, konvensional dalam bentuknya dan biasa dalam simbolismenya, selalu polos dan tidak pernah mewah. Tetapi juga berlindung sebagai kisi-kisi untuk dekorasi— biasa dalam simbolismenya jika gaya polos sesuai (dan biasanya memang demikian) dan heroik dalam simbolismenya jika (dan hanya jika) gaya mewah cocok.
Fungsi dan struktur sekarang dapat berjalan dengan caranya sendiri tanpa memperhatikan retorika, dan kejayaan kita mungkin bisa datang dari perumahan massal, universal dan efisien sebagai tempat perlindungan struktural, tetapi parokial dan beragam dalam aplikasi ornamen dan simbolisnya. Ini adalah cara untuk peka terhadap kebutuhan praktis dan keinginan ekspresif dari banyak orang yang berbeda di dunia.
Review :
Buku ini membagi artikel menjadi beberapa bagian sesuai dengan seni tertentu, dan juga menyediakan bagian tentang sumber klasik dan kontemporer mengenai seni secara umum. Seperti edisi pertama, buku ini juga menyatukan bacaan dalam filsafat kontinental dan analitik. Ini juga berisi pengantar yang bermanfaat oleh editor untuk setiap bagian, serta pengantar umum yang berguna. Bacaan dipisahkan menjadi bagian-bagian berikut: lukisan, fotografi dan film, arsitektur, musik, tari, sastra, pertunjukan, seni massa dan populer, sumber klasik, dan sumber kontemporer. Koleksi bacaan yang menarik bagi siapa saja yang tertarik dengan filosofi di balik karya seni yang dapat dilihat di museum, di film, melalui musik, tari, dan arsitektur.
No comments:
Post a Comment